Review Novel Terbaru "Pulang" - Tere Liye

Untuk artikel kali ini saya akan membahas lagi novel dari karya Tere Liye. Saya akan mereview novel yang berjudul "Pulang".

Sebelum itu, ada beberapa identitas dari novel "Pulang" :

  • Penulis : Tere Liye
  • Penerbit : Republika Penerbit, 2015
  • Editor : Triana Rahmawati
  • Jumlah Halaman : iv + 400 halaman
  • Genre : Action
Novel yang telah terbit sejak September 2015 ini menurut saya masih tetap eksis sampai saat ini karena terbukti dari cetakan novel tersebut yang terus menerus berkembang. Pada Maret 2018 lalu novel tersebut masih menerbitkan cetakan ke - XXVII yang menurut saya novel tersebut melakukan perubahan pada cover dan juga Tere Liye telah menerbitkan lanjutan dari novel "Pulang" yaitu novel "Pergi". 

Perbedaan cover novel "Pulang" karya Tere Liye
Novel ini menceritakan tentang kisah Bujang, dimulai dari kehidupan awal Bujang saat masih remaja berusia 15 tahun yang hidup di kampung. Novel ini mempunyai alur maju - mundur sehingga sedikit membuat para pembaca harus lebih teliti, bahkan mungkin bisa membuat pembaca kebingungan atau kewalahan membacanya. 

Bujang hanyalah anak laki - laki tanpa saudara yang tinggal di kampung bersama kedua orang tuanya. Setelah kedatangan Tauke besar yang juga teman lama ayahnya, ia pun dibawa ke kota dan harus rela meninggalkan kedua orang tuanya. 

"Aku tahu sekarang, lebih banyak luka di hati Bapakku dibanding di tubuhnya. Juga mamakku, lebih banyak tangis di hati Mamak dibanding matanya."

Di Kota ia belajar banyak hal dan diberikan guru terbaik oleh Tauke besar. Bujang tidak mendapatkan kesulitan saat mempelajari hal - hal baru karena saat di kampung ia telah di ajarkan beberapa hal - hal mendasar oleh orang tuanya.

Bujang tumbuh menjadi lelaki dewasa yang tampan dan tangguh serta tanpa rasa takut. Dia telah mampu melakukan tanggung jawab besar yang diberikan Tauke besar kepadanya. Dia mampu mempin pasukan dengan otak dan kekuatannya. Menjadikannya sebagain jagal dunia hitam yang kuat dan disegani.

Perbedaan cover belakang novel "Pulang" karya Tere Liye
Novel ini memang bergenre action tetapi mengandung banyak kisah. Tentang persahabatan untuk saling menjaga, pengkhianatan demi kekuasaan, pertanggung jawaban atas amanah yang diberikan, dan kisah lainnya. Pertarungan yang terus menumbuhkan kebencian dan rasa sakit dilakukan hanya untuk menemukan kesedihan di akhir. Perjalanan yang dilakukan untuk menemukan tujuan akhir, untuk menemukan tempat pulang. 

Dari kisah Bujang kita akan ikut merasakan semangat saat pertarungan, kesedihan saat kabar duka datang, bangga ketika mampu meraih pencapaian, bahagia ketika keinginan tercapai, lelahnya perjuangan dan kita sebagai pembaca akan terus merasa tertantang dan penasaran dengan kisahnya.

Novel ini dapat menjadi kisah inspiratif bagi siapa pun, dengan konsep pantang menyerah yang akan membuat pembaca lebih semangat meraih impian, menghargai setiap proses, dan mensyukuri apa yang telah diraih serta memberikan hak setiap orang tanpa mengambilnya secara paksa.

Selamat membaca, dan semoga artikel ini bermanfaat.
Btw, novel ini happy ending kok, tenang saja.

Comments

Popular posts from this blog

Review Novel Terbaru "Hujan" - Tere Liye

Review Novel Terbaru "Ceros dan Batozar" - Tere Liye