Review Novel Terbaru "Ceros dan Batozar" - Tere Liye

Masih dengan topik yang sama dengan postingan sebelumnya, postingan kali ini kembali membahas novel karya Tere Liye. Berbeda dengan postingan sebelumnya yang membahas novel terbitan tentang cetakan terbaru, postingan kali ini membahas novel yang baru terbit tahun ini. Dan novel ini termasuk yang sangat ditunggu oleh para pembaca setia Tere Liye.

Novel ini merupukan buku ke-4,5 dari lanjutan novel serial "Bumi", yaitu "Ceros dan Batozar". Sebelum kita membahas novel ini, ada beberapa identitas terlebih dahulu :
  • Penulis : Tere Liye
  • Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama
  • Tahun Terbit : Mei 2018
  • Jumlah Halaman : 376 halaman
  • Tebal buku : 20 cm
  • Genre : Petualangan, Fiksi Remaja
Novel yang berlabelkan Novel Remaja ini mempunyai cerita yang terbagi dua yang sesuai dengan judul novelnya. Cerita pertama jelas menceritakan tentang "Ceros" dan kedua tentang "Batozar". Cerita "Ceros" mempunyai 13 episode yang lebih sering disebut chapter dan untuk "Batozar" mempunyai 20 episode.
Sampul Novel "Ceros dan Batozar"
Kisah ini memang merupakan bagian dari novel serial "Bumi" dengan tokoh dan latar cerita yang sama, namun dalam cerita ini mereka tidak melakukan petualangan ke klan Bulan, Bintang, atau Matahari seperti kisah sebelumnya. Atau menceritakan kisah tentang lolosnya si Tanpa Mahkota yang merupakan salah satu akar dari cerita tersebut. Pada novel ini mereka hanya bertualang di klan Bumi, klan tempat mereka tinggal.

"Awalnya kami hanya mengikuti karyawisata biasa seperti murid-murid sekolah lain. Hingga Ali, dengan kegeniusan dan keisengannya, memutuskan menyelidiki sebuah ruangan kuno. Kami tiba di bagian dunia paralel lainnya, menemui petarung kuat, mendapat kekuatan baru serta teknik-teknik menakjubkan. Dunia paralel ternyata sangat luas, dengan begitu banyak orang hebat di dalamnya."

Sampul belakang
"Kisah ini tentang petualangan tiga sahabat. Raib bisa menghilang. Seli bisa mengeluarkan petir. Dan Ali bisa melakukan apa saja."

Yah kisah ini menceritakan tentang tiga sahabat yaitu Raib, Seli, dan Ali. Mereka bertiga sekelas di sekolah yang sama yang awalnya tanpa mereka sadari jika mereka sengaja dikumpulkan. Raib merupakan Putri di Klan Bulan karena termasuk keturunan langsung para Raja terdahulu, namun tidak diketahui mengapa orangtuanya bisa berada di klan Bumi. Seli berasal dari klan Matahari karena mamanya merupakan salah satu dari warga klan Matahari yang pindah ke klan Bumi. Sedangkan Ali hanya manusia dari klan Bumi, klan yang di anggap rendah oleh klan lainnya namun ia mewarisi kode genetik langka sekaligus berbahaya.

Kisah ini dimulai dari perjalanan mereka ke situs kuno yang merupakan agenda karyawisata dari sekolah mereka. Kisah ini merupakan bagian dari episode "Ceros". Ali yang saat itu terlalu bosan dengan perjalanan mereka menemukan sinyal kekuatan yang sangat besar dari alat supercanggihnya. Karena rasa penasarannya Dia begitu saja meninggalkan rombongan dan mengajak sahabat setianya Raib dan Seli untuk menyelidiki kekuatan besar itu. Seperti biasa, awalnya mereka menolak untuk ikut namun karena Ali yang sangat ngotot untuk menyelidiki kekuatan tersebut mereka akhirnya pasrah dengan tindakan Ali. Ali tanpa di perintah langsung memanggil ILY-kendaraan supercanggih dengan kekuatan tiga klan sekaligus- dan menyuruhnya mencari jalan ke tempat tersebut.

Sampul bagian "Ceros"
Sama seperti Raib dan Seli, ILY juga menolak untuk pergi ketempat itu, yah ILY memang mampu berkomunikasi dan mengeluarkan pendapat layaknya manusia. Namun itu bisa dikendalikan dengan mengubah sistemnya menjadi kendali manual. Kendaraan itu memang rancangan Ali sehingga mempunyai fitur yang sangat canggih. 

Setelah kendali otomatis ILY diganti menjadi kendali manual mereka langsung mencari asal kekuatan tersebut yang ternyata berada tepat di bawah bangunan situs kuno tersebut. Namun untuk pergi ke tempat itu harus melewati lorong kuno terlebih dahulu. Dan pintu lorong tersebut ternyata di dasar palung samudera. Lorong tersebut berkelok, menanjak, dan menurun. Cukup panjang dan juga ampuh untuk menahan air untuk masuk ke ruangan kuno tersebut.

Akhirnya mereka sampai di ruang kuno tersebut dan mereka langsung di suguhi oleh pemandangan sunset dari matahari buatan di ruangan tersebut. Menurut mereka ruangan tersebut cukup indah dengan pemandangan yang menakjubkan. Namun saat matahari telah tenggelam sepenuhnya, ILY tiba-tiba terhantam sebuah pukulan yang entah datang darimana. Mereka yang tidak siap oleh serangan itu akhirnya terguncang. Dan disitulah petualangan mereka dimulai. Ceros itulah yang menyerang mereka, dua makhluk bertubuh manusia namun berkebala badak bercula empat.

Petualangan mereka akan rumit. Dari fakta bahwa klan bukan hanya klan Matahari, Bumi, Bulan, dan Komet tetapi ternyata ada banyak klan lainnya termasuk klan Aldebaran. Sarung tangan yang dimiliki oleh Ali juga ternyata berasal dari klan Aldebaran, bahkan milik Seli dan Raib. Kisah persahabat mereka juga di uji dengan Ali yang harus tinggal di ruangan kuno tersebut selamanya demi membantu dua sahabatnya, Raib dan Seli untuk keluar dari ruangan tersebut karena hanya itu cara agar mereka bisa kembali keluar dari ruangan tersebut.

Sampul bagian Batozar
Untuk kisah tentang Batozar dimulai dari berita heboh yang ramai diperbincangkan masyarakat tentang benda terbang mirip UFO yang melintas di atas situs kuno tempat karyawisata Ali, Raib dan Seli. Saat mengetahui berita tersebut Raib sangat marah kepada Ali karena mengira jika itu adalah ILY dan Ali yang lupa mengaktifkan mode tak terlihat milik ILY. Ali terus - terusan menghindar jika menyadari Raib akan segera mendekatinya. Namun ternyata Raib keliru, itu bukan ILY.

Saat Raib belum berhasil memarahi Ali disitulah miss Selena kembali dari tugasnya sebagai mata-mata dunia paralel. Namun miss Selena juga tidak untuk kembali menjadi guru mereka, melainkan mendapat tugas baru. Ternyata benda terbang tersebut bukanlah ILY, namun salah satu kendaraan buatan ilmuwan klan Bulan dan klan Matahari yang dirancang khusus saat melakukan perjalanan ke klan Bintang (kisah novel "Bintang") yang dicuri oleh Penjagal nomor satu klan Bulan dan berhasil melarikan diri dari penjara dan pergi ke klan Bumi. Penjagal nomor satu itu adalah Batozar. Dulunya dia adalah mata-mata hebat yang dimiliki klan Bulan dan juga sebagai pemilik kekuatan yang hebat. Namun penyebab yang baru diketahui diakhir ternyata membuat Batozar menjadi pembunuh yang sadis, dia membunuh 14 orang sekaligus dalam semalam. Dia dipenjara ratusan tahun dan untuk seumur hidup. Raib yang mengetahui fakta tersebut merasa bersalah kepada Ali karena telah menuduhnya. 

Tugas baru yang didapatkan miss Selena berkaitan dengan itu. Miss Selena bertugas melacak keberadaan Batozar. Raib, Ali, dan Seli dilarang untuk ikut dalam tugas tersebut karena di anggap terlalu berbahaya dan juga karena itu masalah klan Bulan tidak berhubungan dengan dunia paralel. Namun menurut Raib karena Ali yang tidak bisa jauh dari masalah, tanpa mereka inginkan mereka tetap andil dalam tugas tersebut. Mereka menemui Batozar di salah satu rumah makan padang di kota mereka saat mereka mampir. Lantas mereka mengikuti Batozar untuk membantu miss Selena melacak keberadaan Batozar. Namun Batozar ternyata mempunyai tujuan tersendiri ke Klan Bumi. Dia ingin menyelesaikan masalah, melupakan masa lalunya dan menikmati akhir hidupnya.

Persahabat Ali, Raib, dan Seli jelas akan selalu diuji. Namun mereka mampu mengatasinya. mereka akan selalu saling menguatkan, menghibur satu sama lain. Mereka kompak dan akan menjadi petarung hebat di antara empat Klan.

Dari kisah persahabat mereka pasti akan sangat menginspirasi karena mereka mampu bertahan menghadapi ujian untuk persahabat mereka. Novel ini memang fiksi namun tetap mempunyai pesan moral. 

Selamat membaca, dan semoga artikel ini bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Review Novel Terbaru "Hujan" - Tere Liye

Review Novel Terbaru "Pulang" - Tere Liye